Biografi Pemain Internasional Cristiano Ronaldo

Biografi Pemain Internasional Cristiano Ronaldo – Cristiano Ronaldo adalah pemain sepak bola profesional yang telah membuat rekor saat bermain untuk klub Manchester United, Real Madrid dan Juventus, serta tim nasional Portugal.

Siapakah Cristiano Ronaldo?

Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro adalah superstar sepakbola Portugal. Pada tahun 2003 – ketika dia baru berusia 16 tahun – Manchester United membayar £ 12 juta (lebih dari $ 14 juta dolar AS) untuk mengontraknya, biaya rekor untuk pemain seusianya.

Di final Piala FA 2004, Ronaldo mencetak tiga gol pertama Manchester dan membantu mereka meraih gelar juara. Dia menetapkan rekor waralaba untuk gol yang dicetak pada 2008, sebelum Real Madrid membayar rekor $ 131 juta untuk jasanya pada tahun berikutnya.

Di antara banyak prestasinya, ia telah memenangkan lima penghargaan Ballon d’Or untuk pemain terbaik tahun ini, dan membawa Portugal ke kemenangan emosional di Kejuaraan Eropa 2016. Pada Juli 2018, Ronaldo memulai fase baru dalam karirnya dengan menandatangani kontrak dengan klub Serie A Italia Juventus.

Masa muda

Ronaldo lahir pada 5 Februari 1985, di Funchal, Madeira, Portugal, sebuah pulau kecil di lepas pantai barat negara itu. Ronaldo adalah anak bungsu dari empat bersaudara yang lahir dari Maria Dolores dos Santos dan José Dinis Aveiro. Dia diberi nama setelah Ronald Reagan, salah satu aktor favorit ayahnya.

Ronaldo tumbuh di lingkungan kelas pekerja di sebuah rumah kecil beratap seng yang menghadap ke laut. Ronaldo diperkenalkan ke permainan sepak bola melalui ayahnya, yang bekerja sebagai manajer peralatan di klub anak laki-laki.

Kehidupan awalnya dibentuk oleh kesulitan, karena ayahnya sering minum terlalu banyak. Untuk membantu menjaga anak-anak diberi makan dan menjaga stabilitas keuangan, ibu Ronaldo bekerja sebagai juru masak dan petugas kebersihan.

Pada 2005, ketika Ronaldo bermain untuk Manchester United, ayahnya meninggal karena masalah ginjal terkait alkohol; pada 2007, ibunya berjuang melawan kanker payudara. Yang pertama sangat sulit bagi Ronaldo karena dia dan ayahnya sudah dekat.

Atlet muda itu sering mendorong ayahnya untuk masuk rehabilitasi dan mengatasi kebiasaan minumnya. Ayahnya, bagaimanapun, tidak pernah menerima tawaran itu.

Pada saat ia berusia 10 tahun, Ronaldo sudah dikenal sebagai sebuah fenomena – seorang anak yang makan, tidur dan minum sepak bola. “Yang dia ingin lakukan ketika masih bocah adalah bermain sepak bola,” bapak baptisnya, Fernao Sousa, mengenang wartawan Inggris, menambahkan, “Dia sangat menyukai permainan itu sehingga dia tidak bisa makan atau keluar dari jendela kamarnya dengan bola ketika dia seharusnya melakukan pekerjaan rumahnya. “

Pada awal remaja, bakat dan legenda Ronaldo telah tumbuh pesat. Setelah bertugas dengan Nacional da liha da Madeira, ia menandatangani kontrak dengan Sporting Portugal pada tahun 2001.

Manchester United

Pada tahun 2001, ketika Ronaldo baru berusia 16 tahun, Manchester United membayar lebih dari £ 12 juta untuk mengontraknya – rekor biaya untuk pemain seusianya.

Ronaldo telah menoleh dengan performa memukau dengan Portugal melawan Manchester, bahkan membuat lawan-lawannya kagum dengan gerak kaki dan keterampilannya yang cekatan. Dia membuat kesan bahwa sejumlah pemain United meminta manajer mereka untuk mencoba dan menandatangani pemain muda, yang tim segera lakukan.

Ronaldo tidak mengecewakan dunia sepak bola: Dia menunjukkan janjinya sejak awal di final Piala FA 2004, mencetak tiga gol pertama tim dan membantu mereka merebut kejuaraan. Pada 2007, Ronaldo menandatangani kontrak lima tahun, £ 31 juta.

Setahun kemudian, Ronaldo kembali membenarkan gajinya yang tinggi ketika ia mengumpulkan salah satu musim terbaik klub dalam sejarah, menetapkan rekor waralaba untuk gol yang dicetak (42), dan menghasilkan dirinya sebagai Pemain Terbaik FIFA Tahun Ini untuk tahun 2008. Secara keseluruhan , Ronaldo membantu mengarahkan Manchester United ke tiga gelar liga utama.

Real Madrid

Pada 2009, klub sepak bola Spanyol Real Madrid setuju untuk membayar Manchester United rekor $ 131 juta untuk kesempatan mengontrak Ronaldo. Komitmen Ronaldo terhadap Manchester United selalu dipertanyakan, dan spekulasi berputar-putar bahwa ia ingin bermain di tempat lain, jadi tidak ada yang terkejut melihat Ronaldo pergi.

“Saya tahu mereka akan menuntut banyak dari saya untuk menjadi sukses di klub dan saya tahu bahwa saya akan memiliki lebih banyak tekanan daripada di Manchester United karena saya berada di sana selama bertahun-tahun,” kata Ronaldo kepada wartawan. “Tapi itu berarti tantangan baru dan akan membantu saya menjadi pesepakbola terbaik.”

Ronaldo kemudian menyusun daftar penghargaan individu dan piala tim yang mengesankan. Pada Desember 2016, ia memenangkan penghargaan Ballon d’Or keempat sebagai pemain olahraga terbaik tahun ini, mengalahkan pemain FC Barcelona Lionel Messi.

Kemenangan Ronaldo 2016 termasuk Kejuaraan Eropa, Liga Champions dan Piala Dunia Klub, ditambah penghargaan individu dari UEFA dan majalah Sepakbola Prancis. Tahun berikutnya, ia mengklaim Ballon d’Or kelima untuk mengikat tanda yang dimiliki oleh saingan lamanya, Messi

Juventus

Setelah memberikan isyarat bahwa waktunya bersama Real akan segera berakhir, Ronaldo mengkonfirmasi desas-desus pada Juli 2018 dengan menandatangani kontrak dengan klub Serie A Italia Juventus, yang membayar biaya transfer $ 140 juta kepada klub lamanya Spanyol.

Ronaldo memberikan penghormatan kepada para penggemar Real melalui surat terbuka di situs web klub, menulis: “Tahun-tahun ini di Real Madrid dan di kota Madrid ini sangat mungkin merupakan tahun-tahun paling bahagia dalam hidup saya. Saya hanya memiliki perasaan terima kasih yang besar kepada klub ini. , untuk para penggemar dan kota. Saya hanya bisa berterima kasih kepada mereka semua atas cinta dan kasih sayang yang telah saya terima. “

Dalam banyak hal, musim debut Ronaldo bersama Juventus adalah musim yang sukses. Dia mencetak 10 kali dalam 14 pertandingan pertamanya, dan memimpin satu-satunya gol dalam kemenangan atas AC Milan untuk trofi Supercoppa Italiana. Setelah memimpin klubnya ke gelar Serie A kedelapan berturut-turut, ia dinobatkan sebagai MVP liga pada Mei 2019.

Tim Nasional Portugal

Pada 10 Juli 2016, Ronaldo menambahkan kemenangan emosional ke koleksinya. Sebagai kapten tim nasionalnya, Ronaldo memimpin Portugal ke final Kejuaraan Eropa melawan Prancis.

Meskipun ia absen setelah mengalami cedera lutut 25 menit di pertandingan, Portugal kemudian memenangkan gelar juara 1-0, trofi internasional pertama mereka. Rekan satu tim Ronaldo mengatakan bahwa ia memotivasi mereka sebagai kapten tim dari luar lapangan.

“Dia memberi kami banyak kepercayaan diri dan dia berkata, ‘Dengarkan orang-orang, saya yakin kami akan memenangkan Euro ini jadi tetap bersama dan berjuang untuk itu,'” kata bek Cedric Soares setelah kemenangan Portugal.

“Ini adalah salah satu momen paling membahagiakan dalam karier saya,” komentar Ronaldo. “Saya selalu mengatakan saya ingin memenangkan trofi bersama tim nasional dan membuat sejarah. Dan saya melakukannya. Syukurlah, semuanya berjalan baik bagi kami. “

Ronaldo memulai dengan awal yang luar biasa di Piala Dunia 2018, mencetak tiga gol dalam pertandingan kandang vs Spanyol, sebelum menambah satu lagi lawan Maroko untuk mencetak rekor Eropa dengan gol internasional ke-85-nya.

Namun, ia ditahan tanpa gol dalam kekalahan 2-1 dari Uruguay di babak sistem gugur, setelah itu ia menolak mengomentari masa depannya dengan tim nasional.